Begini Cara Membuat NPWP di Kantor Pajak Sesuai Wilayah

Cara Membuat NPWP di Kantor Pajak Sesuai Wilayah – Nomor Pokok Wajib Pajak yang biasanya hanya disebut NPWP harus dimiliki bagi warganegara maupun orang asing yang bekerja dan bertempat tinggal di Indonesia. NPWP ini akan memudahkan setiap pemegangnya melakukan kewajiban membayar pajak yang akan digunakan membiayai pembangunan untuk kesejahteraan seluruh rakyat.

Untuk anda dan juga masyarakat pada umumnya yang kebetulan belum punya NPWP karena tak tahu caranya berikut langkah-langkah yang harus dilakukan. Cara membuat NPWP lengkap dengan syarat-syarat yang mesti disiapkan bagi tiap-tiap profesi adalah sebagai berikut.

Cara Membuat NPWP di Kantor Pajak Sesuai Wilayah

Penduduk Indonesia pastinya memiliki beragam profesi atau pekerjaan. Ada yang menjadi pegawai swasta, PNS, Tentara, Polisi, pemilik usaha kecil, direktur perusahaan dan sebagainya. Untuk wanita yang sudah menikah dan bekerja pun ada aturannya sendiri.

1. Persyaratan membuat NPWP bagi pegawai atau PNS yaitu :

– KTP untuk warganegara Indonesia
– KITAS dan Paspor untuk warganegara asing
– Fotokopi SK PNS atau SK Kepegawaian dimana seseorang bekerja
– Melengkapi form pendaftaran di KPP

2. Persyaratan membuat NPWP bagi pemilik usaha atau wiraswasta yaitu :

– Fotokopi KTP
– Surat Keterangan Usaha yang dikeluarkan pihak Kelurahan
– Melengkapi form pendaftaran di KPP
– Melengkapi Surat Pernyataan yang ditempeli materai Rp.6000

3. Persyaratan membuat NPWP bagi Wanita yang sudah menikah yaitu :

– Melengkapi form pendaftaran di KPP
– Fotokopi KK
– Fotokopi NPWP Suami
– Fotokopi SK PNS atau Surat Keterangan Kerja bagi pegawai swasta
– Fotokopi surat perjanjian pemisahan penghasilan dan harta, atau surat pernyataan menginginkan menjalankan hak dan kewajiban yang terpisah dari suami.

Untuk diketahui, pendapatan minimal yang bisa dikenakan pajak adalah apabila seseorang mempunyai penghasilan dari Rp.4.500.000 / bulan atau Rp.54.000.000 / tahun. Untuk membuat NPWP pemohon bisa mendatangi Kantor Pelayanan Pajak sesuai domisili KTP.

Nantinya pemohon akan dipersilahkan untuk melengkapi form pembuatan NPWP yang sudah tersedia. Dipersilahkan pula menyerahkan syarat-syarat menurut profesi yang dimiliki. Begitu ketentuan yang diminta lengkap biasanya petugas akan langsung menindaklanjuti permohonan NPWP ini hanya dalam 1 hari kerja saja.