Ini Syarat Membuat NPWP Untuk Pegawai atau Karyawan

Syarat Membuat NPWP Untuk Pegawai atau Karyawan – Dana yang diperoleh dari pajak saat ini menjadi andalan utama pemerintah Indonesia untuk membiayai pembangunan yang dijabarkan dalam APBN.

Karena itu setiap warganegara yang sudah memenuhi ketentuan harus mendukung sepenuhnya dengan membayar pajak. Membayar pajak adalah kewajiban setiap warganegara Indonesia yang sudah melebihi batas penghasilan kena pajak. Ini berlaku bagi mereka baik yang berprofesi sebagai wiraswastawan, pekerja kantoran, ASN dan juga karyawan swasta.

Agar dapat membayar pajak tersebut tiap warganegara harus mempunyai NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak). NPWP menjadi semacam identitas unik setiap wajib pajak yang satu dengan yang lain berbeda. Seorang karyawan sebuah perusahaan pun harus mempunyai NPWP.

syarat membuat npwp karyawan 2018

Dana yang diperoleh dari pajak saat ini menjadi andalan utama pemerintah Indonesia untuk membiayai pembangunan yang dijabarkan dalam APBN. Karena itu setiap warganegara yang sudah memenuhi ketentuan harus mendukung sepenuhnya dengan membayar pajak. Membayar pajak adalah kewajiban setiap warganegara Indonesia yang sudah melebihi batas penghasilan kena pajak. Ini berlaku bagi mereka baik yang berprofesi sebagai wiraswastawan, pekerja kantoran, ASN dan juga karyawan swasta. Agar dapat membayar pajak tersebut tiap warganegara harus mempunyai NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak). NPWP menjadi semacam identitas unik setiap wajib pajak yang satu dengan yang lain berbeda. Seorang karyawan sebuah perusahaan pun harus mempunyai NPWP. Dan memang hampir setiap perusahaan saat ini mewajibkan para karyawannya mengurus dan mempunyai NPWP. Setiap karyawan yang sudah terdaftar maka akan diberikan kartu NPWP yang dikeluarkan Kantor Pajak dari tempat tinggal wajib pajak. Dan sebetulnya prosedur permohonan NPWP ini tak membutuhkan waktu lama dan juga tak berbelit. Hanya perlu 1 hari kerja bila memang beberapa persyaratannya lengkap yang langsung bisa diproses. Bila kebetulan Anda adalah seorang karyawan, atau akan melamar pekerjaan yang mana salah satu persyaratannya adalah melampirkan fotokopi kartu NPWP maka anda harus mengurusnya lebih dulu. Perlu diketahui bahwa NPWP saat ini sudah menjadi persyaratan standar yang harus diberikan ketika melamar pekerjaan atau hendak membuka rekening tabungan. Ada beberapa berkas yang harus dipenuhi bagi mereka yang berprofesi sebagai karyawan saat akan mengajukan permohonan NPWP. Selengkapnya berkas-berkas yang harus di bawa ke kantor Pajak adalah sebagai berikut : 1. Melengkapi formulir pendaftaran yang diberikan oleh petugas di kantor pajak. 2. Fotokopi Surat Keterangan Kerja yang dikeluarkan oleh perusahaan dimana pemohon bekerja. 3. Fotokopi KTP bagi warganegara Indonesia atau fotokopi Paspor dan Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS) bagi warganegara asing. Syarat-syarat berupa berkas tadi adalah ketentuan umum untuk membuat NPWP. Adakalanya Kantor Pajak Pratama (KPP) setempat meminta syarat-syarat tambahan yang mesti dilengkapi sesuai kasus per kasus. Jangan pernah mengurus permoonan NPWP lewat calo sebab untuk prosesnya sendiri sama sekali tak dipungut biaya.

Dan memang hampir setiap perusahaan saat ini mewajibkan para karyawannya mengurus dan mempunyai NPWP. Setiap karyawan yang sudah terdaftar maka akan diberikan kartu NPWP yang dikeluarkan Kantor Pajak dari tempat tinggal wajib pajak.

Dan sebetulnya prosedur permohonan NPWP ini tak membutuhkan waktu lama dan juga tak berbelit. Hanya perlu 1 hari kerja bila memang beberapa persyaratannya lengkap yang langsung bisa diproses.

Bila kebetulan Anda adalah seorang karyawan, atau akan melamar pekerjaan yang mana salah satu persyaratannya adalah melampirkan fotokopi kartu NPWP maka anda harus mengurusnya lebih dulu.

Perlu diketahui bahwa NPWP saat ini sudah menjadi persyaratan standar yang harus diberikan ketika melamar pekerjaan atau hendak membuka rekening tabungan.

Ada beberapa berkas yang harus dipenuhi bagi mereka yang berprofesi sebagai karyawan saat akan mengajukan permohonan NPWP. Selengkapnya berkas-berkas yang harus di bawa ke kantor Pajak adalah sebagai berikut :

1. Melengkapi formulir pendaftaran yang diberikan oleh petugas di kantor pajak.
2. Fotokopi Surat Keterangan Kerja yang dikeluarkan oleh perusahaan dimana pemohon bekerja.
3. Fotokopi KTP bagi warganegara Indonesia atau fotokopi Paspor dan Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS) bagi warganegara asing.

Syarat-syarat berupa berkas tadi adalah ketentuan umum untuk membuat NPWP. Adakalanya Kantor Pajak Pratama (KPP) setempat meminta syarat-syarat tambahan yang mesti dilengkapi sesuai kasus per kasus. Jangan pernah mengurus permoonan NPWP lewat calo sebab untuk prosesnya sendiri sama sekali tak dipungut biaya.