5 Tips Memilih Bisnis Waralaba Yang Tepat Bagi Pemula

Bisnis Waralaba – Pastinya tiap orang berkeinginan memiliki bisnis yang mampu memberikan profit besar. Meski begitu kebanyakan orang itu masih kebingungan ketika akan memilih bisnis yang hendak dijalankan. Tak ada bisnis yang mudah yang bisa memberikan hasil yang instan.

Sebagai pemula, untuk mengurangi potensi kerugian maka langkah paling tepat adalah menjalankan bisnis franchise atau waralaba. Seperti diketahui saat ini banyak sekali tawaran bisnis waralaba yang tersedia mulai dari yang bermodal ratusan ribu hingga jutaan Rupiah.

Bisnis Waralaba

Berbagai tawaran bisnis franchise itu seperti bisnis di bidang minuman, snack sampai bisnis jasa mulai dari laundry, cuci helm, hingga salon kecantikan. Baiklah sebelum melangkah lebih jauh, ada baiknya mempelajari tips sukses memilih bisnis waralaba berikut ini

1. Tetapkan pilihan bisnis yang sesuai minat

Besarnya minat dalam satu hal adalah rahasia kesuksesan mengelola bisnis. Rasa senang menjalankan bisnis sesuai minat akan memberikan energi yang tak pernah habis meski didera dengan hambatan dan persolan.

Minat yang rendah dalam menjalankan bisnis menjadi pertanda kegagalan dalam mengelola bisnis. Beragam jenis usaha franchise dapat dipilih dari bisnis makanan dan minuman, jasa bengkel, salon kecantikan dan masih banyak lagi.

2. Pelajari reputasi waralaba yang diminati

Langkah penting lainnya yang juga harus dilakukan adalah mencari informasi sebanyak-banyaknya dari waralaba yang akan dipilih itu. Di luaran sana ada beberapa tawaran waralaba bodong dengan reputasi tidak baik. Track record yang baik dari waralaba yang akan dipilih menentukan sukses tidaknya bisnis yang akan dijalankan.

3. Pahami potensi konsumen dari bisnis yang dipilih

Anda pun harus mampu mengetahui dengan pasti potensi pasar di wilayah tersebut. Misalnya saja di wilayah tersebut ada banyak universitas berdiri dengan jumlah mahasiswa yang mencapai ribuan, beberapa bisnis waralaba yang pas adalah usaha warung makan murah, fotokopi dan juga laundry.

4. Sediakan dana yang memadai

Tiap tawaran waralaba memiliki biaya modal yang berbeda-beda yang biasanya sudah dalam bentuk paket. Hindari menggunakan uang hutang untuk membiayai waralaba tersebut. Usahakan menggunakan uang simpanan yang ada meski cukup terbatas. Karena itu penting untuk memilih jenis waralaba yang sesuai dengan uang yang dimiliki.

5. Pilih lokasi bisnis terbaik

Lokasi yang tepat akan mengantarkan bisnis menuju kesuksesan. Lokasi yang dipilih sebagai tempat membuka usaha harus sesuai dengan target konsumen di daerah itu. Misalnya saja hendak membuka bisnis cuci helm, salah satu lokasi yang pas yaitu di area parkir mal.